AULIYAH, MELINDA AYU (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN TIPE SFAE POKOK BAHASAN GEOMETRI DI KELAS VIII SMPN 1 MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (382kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan salah satu pelajaran yang harus diajarkan dengan baik dan diterima semua peserta didik karena matematika dasar dalam melakukan segala sesuatu dalam kehidupan nyata Namun, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran matematika. Hal yang harus dirubah dalam pembelajaran di kelas adalah merubah model pembelajaran yang digunakan karena selama ini guru lebih cenderung menggunakan model pembelajaran konfensional sehingga menjadikan peserta didik pasif. Oleh karena itu peneliti ingin membandingkan dua model pembelajaran yang sebelumnya sudah terbukti lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan ingin mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan hasil belajar diantara kedua model pembelajaran tersebut apabila diujicobakan di SMPN 1 MANYAR. Kedua model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tipe SFAE. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif yaitu membandingkan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan tipe SFAE materi luas permukaan dan volume prisma. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 MANYAR tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 191 peserta didik dan terbagi dalam 7 kelas reguler yaitu kelas VIIIC - VIIII. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIIIG sebagai kelas TAI dan kelas VIIIH sebagai kelas SFAE dengan menggunakan teknik random sampling sederhana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen penelitian adalah lembar tes. Dari hasil analisis data uji homogenitas diperoleh bahwa ketujuh kelas berasal dari populasi yang homogen, dari hasil analisa data uji normalitas diperoleh bahwa kedua kelas tidak berdistribusi normal maka teknik analisa yang digunakan adalah uji Kruskal Wallis. Berdasarkan uji Kruskal Wallis didapatkan nilai sig 0,692 sehingga sig ≥ 0,05. Artinya tidak ada perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pemebelajaran kooperatif tipe TAI dengan tipe SFAE pokok bahasan geometri di kelas VIII SMPN 1 MANYAR.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 02:28 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1418 |
Actions (login required)
View Item |