PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII C SMP NU 1 GRESIK

SUSILANINGSIH, NOVI (2014) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DI KELAS VIII C SMP NU 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Untuk melatih peserta didik berpikir dan bertindak secara mandiri serta aktif dalam proses belajar mengajar, perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian. Kenyataan di lapangan metode ceramah masih mendominasi kegiatan belajar mengajar di kelas. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Salah satu model yang digunakan adalah model pembelajaran Active Learning dengan strategi Everyone is a Teacher Here. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran Active Learning dengan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dalam belajar matematika di kelas VIII C SMP NU 1 Gresik pada pokok bahasan Kubus dan Balok Semester genap tahun pelajaran 2013- 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Subjek penelitian adalah kelas VIII C SMP NU 1 Gresik dengan jumlah peserta didik 36 anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi kemandirian peserta didik. Hasil penelitian pada siklus 1 mencapai skor kemandirian ≤ 2 atau mencapai prosentase 28% dari jumlah peserta didik. Sedangkan pada siklus 2 sudah mencapai skor kemandirian ≥ 3 atau mencapai prosentase 53% dari jumlah peserta didik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus dengan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:00
Last Modified: 28 Jun 2019 03:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item