SAFITRI, HANUM (2014) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN ALPELING PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII-A SMP DARUL ISLAM GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan dasar yang sangat penting bagi kehidupan dan juga bagi kemajuan zaman dengan merubah sikap dan tingkah laku yang di inginkan dengan cara belajar. Pendidik dan peserta didik saling berinteraksi melalui pembelajaran sehingga mempunyai tujuan pendidikan yang diinginkan, seperti pada artikel (Soekidjo, 2003) menyatakan bahwa tujuan pendidikan adalah menanamkan pengetahuan/pengertian, pendapat dan konsep-konsep, mengubah sikap dan persepsi, dan menanamkan tingkah laku/kebiasaan yang baru. Dalam menunjang proses pembelajaran, selain bahan ajar, alat peraga juga mempunyai peran penting dalam suatu proses pembelajaran. Salah satu kelebihan kemampuan alat peraga menurut (Hamalik, 1994:51) adalah alat yang digunakan untuk membantu peserta didik melakukan perbuatan belajar, sehingga kegiatan belajar menjadi lebih efisien dan efektif maka dari itu peneliti menggunakan alat peraga lingkaran (alpeling) sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan alpeling pada materi lingkaran di kelas VIII-A SMP Darul Islam Gresik Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrument penelitian lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik Hasil analisis data menunjukkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik, aktivitas peserta didik dalam menggunakan alat peraga lingkaran (alpeling) telah memenuhi kriteria aktif, hasil belajar peserta didik dengan 45,62% dinyatakan tuntas, dan untuk respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan 89,45% dinyatakan respon mereka positif. Dari empat indikator tersebut, semua indikator telah tercapai maka penggunaan alat peraga lingkaran (alpeling) pada materi lingkaran dikelas VIII-A SMP Darul Islam Gresik dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 03:55 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 03:55 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1430 |
Actions (login required)
View Item |