Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SD

Wulandari, Kartika (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (426kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas 5 SD Negeri 83 Gresik yang berada di Desa Petis Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik Jawa Timur. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 SD Negeri 83 Gresik dengan jumlah 15 peserta didik dengan rincian 7 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan tes evaluasi, dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi peserta didik, lembar observasi pendidik dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan 1 siklus dengan 2 kali pertemuan, dimana pertemuan pertama untuk observasi awal dengan guru dan kepala sekolah, dan pertemuan kedua pelaksanaan penelitian. Pada penelitian ini hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas peserta didik memperoleh presentase 87% dengan kriteria baik, aktivitas guru memperoleh presentase 88% dengan kriteria sangat baik, dan presentase hasil belajar 80% dimana sebanyak 13 peserta didik telah mendapatkan hasil belajar diatas KKM yang ditentukan. Sehingga penelitian ini dihentikan pada siklus 1. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, metode pembelajaran ini juga dapat mendukung proses pembelajaran dengan baik. Metode pembelajaran mind mapping akan menambah keberagaman metode pembelajaran yang bisa digunakan di SD Negeri 83 Gresik dimana pada penerapannya dapat meningkatkat kualitas pendidikan di SD. Harapan peneliti pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan modivikasi yang berbeda sehingga dapat menambah keberagaman penerapan metode pembelajaran mind mapping pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Kartika Wulandari
Date Deposited: 08 Oct 2025 10:21
Last Modified: 08 Oct 2025 10:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14440

Actions (login required)

View Item View Item