Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Sekolah Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah Yang Dimediasi Promosi Pada Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 8 Gresik

Kristanto, Dwi (2025) Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Sekolah Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah Yang Dimediasi Promosi Pada Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 8 Gresik. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8 (2). pp. 498-508. ISSN 2622-6383

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (308kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
JURNAL DWI KRISTANTO.pdf

Download (373kB)
Official URL: https://jurnal.feb-umi.id/index.php/PARADOKS/artic...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hal yang mempengaruhi keputusan pemilihan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lokasi dan fasilitas sekolah terhadap keputusan pemilihan sekolah dengan promosi sebagai variabel mediasi di SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deduktif. Populasi dalam penelitian ini adalah 328 peserta didik dengan sampel 180 peserta didik SMA Muhammadiyah 8 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi tidak berpengaruh terhadap keputusan pemilihan sekolah dengan nilai t-statistik 1.512 dan nilai p-value yaitu 0.131, fasilitas Sekolah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah dengan nilai t-statistik 4.419 dan nilai p-values yaitu 0.000, lokasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap promosi dengan nilai t statistik 3.211 dan p-value sebesar 0.001, fasilitas Sekolah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap promosi dengan nilai t statistik 5.648 dan p-value sebesar 0.000, Promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pemilihan sekolah dengan nilai t statistik 8.824 dan nilai p-value yaitu 0.000, lokasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah melalui promosi dengan nilai t-statistik sebesar 3.459 dan p-values sebesar 0.001, fasilitas Sekolah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah melalui promosi dengan nilai t-statistik 3.923 dan p-value sebesar 0.000. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMA Muhammadiyah 8 Gresik memanfaatkan lokasi strategis sebagai bagian dari strategi promosi, terus berinvestasi dalam fasilitas yang mendukung pembelajaran dan kenyamanan peserta didik, serta memastikan bahwa promosi mereka tidak hanya menjangkau calon peserta didik yang lebih luas, tetapi juga menyampaikan keunggulan-keunggulan sekolah secara jelas dan menarik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Leadership, Knowledge Management, Transformational Leadership
Subjects: Economic And Business
Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Dwi Kristanto
Date Deposited: 08 Oct 2025 10:25
Last Modified: 08 Oct 2025 10:25
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item