PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PERKALIAN YANG MENGGUNAKAN TEKNIK POLAMATIKA DENGAN TEKNIK BERSUSUN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 GIRI GRESIK

SARI, TRI YUNI KARTIKA (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PERKALIAN YANG MENGGUNAKAN TEKNIK POLAMATIKA DENGAN TEKNIK BERSUSUN DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 GIRI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari peserta didik mulai jenjang pendidikan dasar. Pemahaman dan penguasaan dasar peserta didik terhadap matematika perlu ditingkatkan dan ditanamkan sejak dini. Dalam matematika khususnya berhitung dikenal operasi dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dalam menyelesaikan soal perkalian peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Giri Gresik masih menggunakan teknik bersusun. Penelitian ini ingin menggunakan teknik polamatika sebagai salah satu teknik untuk menyelesaikan perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar perkalian yang menggunakan teknik polamatika dengan teknik bersusun. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 1 Giri Gresik tahun pelajaran 2013-2014 yang terdiri dari kelas III A sebanyak 21 peserta didik dan kelas III B sebanyak 20 peserta didik. Untuk menentukan kelas polamatika dan kelas bersusun dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes. Dalam membandingkan hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t Dua Sampel Independen (Independent-Sample t Test). Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai sig (0,025) < α (0,05), maka H0 ditolak. Artinya ada perbedaan hasil belajar perkalian yang menggunakan teknik polamatika dengan hasil belajar perkalian yang menggunakan teknik bersusun dikelas III SD Muhammadiyah 1 Giri Gresik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:23
Last Modified: 28 Jun 2019 08:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item