EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MEDIA MANIPULATIF POSTER BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL ULUM PEGANDEN

UBAIDILLAH, . (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MEDIA MANIPULATIF POSTER BERGAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL ULUM PEGANDEN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada dasarnya perkembangan ilmu pengetahuan didasari oleh ilmu dasar yang satu satunya adalah matematika. Matematika merupakan bidang kajian yang obyeknya bersifat abstrak. Dengan demikian, tidak mengherankan apabila banyak peserta didik yang merasa kesulitan untuk memahami konsep-konsep matematika karena sifatnya yang abstrak tersebut. Untuk itu dalam pembelajaran matematika yang abstrak ini, peserta didik memerlukan alat bantu berupa media yang dapat memperjelas pembelajaran matematika. Salah satu kelebihan dari media menurut Gerleach dan Ely adalah media memiliki kemampuan manipulatif, artinya media tersebut dapat menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan (manipulasi) sesuai keperluan. Maka dari itu penelitian efektif ini penting dilaksanakan dengan menggunakan media manipulatif poster bergambar sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan media manipulatif poster bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B yang berjumlah 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan angket dengan instrumen berupa lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran matematika materi luas persegi dan persegi panjang dengan media manipulatif poster bergambar pada peserta didik kelas III MI Miftahul Ulum Peganden dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:23
Last Modified: 28 Jun 2019 08:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item