Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Anggraini, Enggar Ayu (2024) Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (12). pp. 14247-14251. ISSN 2614-8854

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (204kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.pdf

Download (200kB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap siswa sekolah dasar. Penelitian ini menngunakan metode studi dokumen yang mengkaji 10 artikel dari berbagai jurnal ilmiah yang berputasi dan terindeks nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Skor rata-rata sebelum penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah adalah 60,46 yang meningkat sebesar 38,91% menjadi 82,23 Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analysis, Problem Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Enggar Ayu Anggraini
Date Deposited: 30 Sep 2025 08:55
Last Modified: 30 Sep 2025 08:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item