Hayati, Triyunita Nur (2024) Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengaduan Masyarakat BAWASLU Kota Surabaya Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 7 (5). pp. 1268-1276. ISSN 2621-3052
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
8089-18704-1-PB.pdf Download (681kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pengelolaan pengaduan masyarakat di BAWASLU Kota Surabaya dengan menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD). Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, semakin mendesak adanya kebutuhan akan sistem pengaduan masyarakat yang efisien dan cepat tanggap. Pendekatan RAD dipilih karena pendekatannya yang iteratif dan partisipatif, sehingga memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahap pengembangan sistem. Proses pengembangan dimulai dengan mengumpulkan kebutuhan pemangku kepentingan, dilanjutkan dengan pembuatan prototipe, pengujian, dan evaluasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang tidak hanya memenuhi persyaratan fungsional tetapi juga meningkatkan kinerja dan kepuasan pengguna dalam mengelola pengaduan masyarakat. Oleh karena itu sistem ini diharapkan dapat menjadi alat yang efektif bagi BAWASLU dalam menangani pengaduan dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas publik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management Information System, Rapid Application Development, RAD, Public Complaints, Bawaslu Kota Surabaya |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | Triyunita Nur Hayati |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |