Rahman, Muhammad Afifur (2024) The Effectiveness of PAI Learning in Improving Disciplinary Attitudes Through Morning Assembly at SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 19 (2). pp. 211-216. ISSN P-0216-4949 / E-2615-4870
![]() |
Text (Lembar Publikasi)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI AFIFUR RAHMAN.pdf Download (841kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
6180-Article Text-24170-1-10-20241002.pdf Download (134kB) |
Abstract
Artikel ini menyelidiki efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas melalui kegiatan apel pagi. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan apel pagi, yang dipadukan dengan penyampaian nilai-nilai PAI, berperan penting dalam membangun kesadaran dan sikap disiplin siswa. Para guru dan siswa mengungkapkan bahwa apel pagi tidak hanya meningkatkan keteraturan, tetapi juga memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran PAI dalam kegiatan sehari-hari efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa. Artikel ini merekomendasikan agar sekolah terus mengembangkan program serupa untuk mendukung pembentukan kedisiplinan dan karakter yang lebih baik di kalangan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apel Pagi, Disiplin, Karakter Siswa, Pembelajaran PAI, Sikap |
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Muhammad Afifur Rahman |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 02:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 02:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |