Implementasi Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gresik

Yusup, Grezikha Azzahra (2024) Implementasi Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gresik. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 8 (2). pp. 545-553. ISSN 2548-5784

[img] Text (Lembar Publikasi)
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI GREZIKHA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
3679-8911-1-PB.pdf

Download (149kB)
Official URL: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/attajdid/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Card Sort dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Gresik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Siswa merasa lebih antusias dan aktif dalam proses belajar karena metode ini memungkinkan mereka untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok. Selain itu, metode ini juga mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan melakukan evaluasi formatif. Guru hanya berperan sebagai fasilitator, sementara siswa secara aktif mengelompokkan dan memahami materi yang diberikan. Oleh karena itu, metode Card Sort direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode card sort; motivasi belajar; pendidikan agama islam
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Grezikha Azzahra Yusup
Date Deposited: 01 Oct 2025 02:11
Last Modified: 01 Oct 2025 02:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item View Item