Al Husain, Gymnastiiar Ishaq (2025) Implementasi Metode Naïve Bayes Dalam Melakukan Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Transjatim Di Google Play Store. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL..pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (940kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2030. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (446kB) |
Abstract
Dalam pengelolaan layanan transportasi digital, memahami persepsi dan kepuasan pengguna menjadi faktor penting untuk peningkatan kualitas layanan. Aplikasi TransJatim merupakan salah satu platform layanan transportasi yang digunakan oleh masyarakat, dan ulasan pengguna di Google Play Store dapat menjadi sumber informasi untuk menganalisis sentimen masyarakat. Penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap 459 komentar pengguna menggunakan algoritma Naïve Bayes. Data diperoleh melalui proses scraping dari Google Play Store, kemudian diolah melalui tahapan Preprocessing sebelum diklasifikasikan ke dalam tiga kategori sentimen, yaitu positif, negatif, dan netral. Pengujian dilakukan tiga kali dengan rasio pembagian data latih dan uji sebesar 80:20, 70:30, dan 60:40 untuk melihat konsistensi dan kestabilan kinerja model dalam pembagian data yang berbeda. Hasil klasifikasi divisualisasikan dalam bentuk grafik untuk memudahkan interpretasi sebaran opini pengguna. Berdasarkan hasil pengujian, metode Naïve Bayes mampu mengelompokkan sentimen dengan cukup baik, serta memberikan gambaran yang bermanfaat bagi pengelola aplikasi dalam mengambil keputusan strategis untuk peningkatan layanan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya optimalisasi proses pengambilan data dan penggunaan sistem operasi yang sesuai dalam pengembangan sistem
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Naïve Bayes, TransJatim, Klasifikasi |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | Gymnastiar Ishaq Al Husain |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 04:22 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 04:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14783 |
Available Versions of this Item
-
IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES DALAM MELAKUKAN ANALISIS SENTIMEN ULASAN APLIKASI TRANSJATIM DI GOOGLE PLAY STORE. (deposited UNSPECIFIED)
- Implementasi Metode Naïve Bayes Dalam Melakukan Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Transjatim Di Google Play Store. (deposited 10 Oct 2025 04:22) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |