Saniyyah, Rizqiyah Maulida Nur (2024) Penerapan Teknik Self Management dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Indonesian Journal Publisher Jurnal Psikologi, 2 (1). pp. 1-12. ISSN 3026-7447
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (96kB) |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
3250 Download (50kB) |
Abstract
Kedisiplinan ialah komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa adanya kedisiplinan, siswa tidak dapat berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara efektif, sehingga memungkinkan terjadinya pelanggaran yang dapat mengganggu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini ialah metode penelitian pre eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi yang diteliti terdiri dari seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 67 siswa. Sementara itu, sampel penelitian sebanyak 5 siswa dengan disiplin belajar yang rendah. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah dengan menyebar kuesioner yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik self management terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Muhammadiyah 1 Gresik.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Self Management, Kedisiplinan, Siswa SMP |
| Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
| Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
| Depositing User: | Rizqiyah Maulidah Nur Saniyyah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 11:37 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 11:37 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
