Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheet dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Kesiapan Belajar

Junaidi, Muhammad Arif (2025) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Liveworksheet dengan Model Discovery Learning Berdasarkan Kesiapan Belajar. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6 (1). pp. 30-41. ISSN 2723-0600

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
POSTULAT+30-41+ARIF+JUNAIDI.pdf

Download (746kB)
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/artic...

Abstract

ni merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis Discovery Learning menggunakan platform liveworksheet, serta menganalisis efektivitas penggunaannya berdasarkan kesiapan belajar siswa. E-LKPD dikembangkan untuk mendukung pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Gresik. Proyek ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika serta kurangnya bahan ajar interaktif yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan dalam proses penelitian ini. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil siswa dengan tiga kategori kesiapan belajar: butuh bantuan, berkembang, dan mahir. Instrumen penelitian meliputi tes diagnostik kesiapan belajar, validasi ahli, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan tergolong sangat valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterlibatan, pemahaman, serta hasil belajar siswa. Kesimpulannya, E-LKPD berbasis liveworksheet dengan model Discovery Learning dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif, adaptif, dan bermakna sesuai kesiapan belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Discovery Learning, Liveworksheet, Learning Readiness
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Arif Junaidi
Date Deposited: 24 Nov 2025 07:10
Last Modified: 24 Nov 2025 07:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item