Triasmono, Triasmono (2024) Pengaruh Moderasi Customer Relationship Management Pada Word of Mouth, Kualitas Layanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pemilihan Sekolah di SMP Islam Terpadu Al-Ibrah Gresik. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN - TRIASMONO.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING (1).pdf Download (421kB) |
|
|
Text
PENGESAHAN TESIS.pdf Download (559kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf Download (179kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL (1).pdf Download (495kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
BAB 2 (1).pdf Download (355kB) |
|
|
Text
BAB 3 (1).pdf Download (280kB) |
|
|
Text
BAB 4 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
|
Text
BAB 5 (1).pdf Download (118kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (364kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of mouth, Kuaitas layanan dan lokasi serta Customer relationship management (CRM) yang berhubungan dengan keputusan pemilihan sekolah. Baik pengaruh langsung maupun tidak langsung antar variabel. Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini wali murid SD IT AI Ibrah keIas 6 dan wali murid SMPIT AI Ibrah kelas 7, dengan sampel berjumlah 130 responden. Uji analisis data menggunakan model SEM-PLS dengan alat uji SmartPLS versi 3.2.9. Dari hipotesis yang dipaparkan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Word of mouth tidak memiliki langsung dan signifikan terhadap Keputusan pemilihan sekolah, (2) Kualitas layanan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Keputusan pemilihan sekolah, (3) Lokasi memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Keputusan pemilihan sekolah (4) Customer relationship management (CRM) memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap Keputusan pemilihan sekolah, (5) Word Of Mouth memiliki pengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap keputusan pemilihan melalui Customer Relationship Management sebagai moderasi penuh, (6) Kualitas layanan memiliki pengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap Keputusan pemilihan melalui Customer Relationship Management sebagai moderasi penuh, (7) Lokasi memiliki tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan pemilihan melalui Customer Relationship Management sebagai moderasi parsial. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya wawasan ilmiah dengan memperluas teori yang telah ada melalui eksplorasi hubungan antarvariabel yang masih jarang dikaji, seperti pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, penelitian ini juga menguji penerapan teori pada konteks yang berbeda dan berupaya membangun kerangka konseptual yang lebih menyeluruh. Dari sisi praktis, penelitian ini menghadirkan solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan nyata di bidang sumber daya manusia, memberikan panduan bagi praktisi maupun pembuat kebijakan, serta menyusun strategi dan rekomendasi yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor dalam pemilihan sekolah terbaik.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management, CRM, Word Of Mouth, Kualitas Layanan , Lokasi, Keputusan Pemilihan Sekolah. |
| Subjects: | Economic And Business Management |
| Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
| Depositing User: | Admin Admin Admin |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 10:11 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 10:11 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
