Firdaus, Johan (2024) Dampak Bullying terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 20 (1). pp. 72-75. ISSN P-0216-4949
|
Text
Halaman Persetujuan Publikasi .pdf Download (274kB) |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
6935-Article Text-28034-1-10-20250123 (1).pdf Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bullying terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Gresik.Peneliti menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Bullying adalah suatu perilaku yang memiliki tujuan untuk merusak, menganggu atau membahayakan yang di lakukan secara sengaja seorang individu maupun kelompok, dampak bullying terhadap prestasi belajar siswa sangat signifikan. Siswa yang menjadi korban bullying cenderung mengalami penurunan dalam motivasi belajar. olah, teman sebaya, media massa, dan budaya. Oleh karena itu, permasalahan bullying di sekolah menjadi isu mendesak yang membutuhkan perhatian dan strategi pencegahan yang lebih baik untuk melindungi siswa dari dampak yang merugikan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bullying, Prestasi, Siswa |
| Subjects: | Islamic Education Islamic Religion |
| Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
| Depositing User: | Johan Firdaus |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:21 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:21 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
