APLIKASI PENENTUAN KELAS JURUSAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MAN 2 GRESIK DENGAN METODE FUZZY C-MEANS

PURNOMO, PANJI (2014) APLIKASI PENENTUAN KELAS JURUSAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MAN 2 GRESIK DENGAN METODE FUZZY C-MEANS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRACK 2014.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik adalah sekolah yang sedang berkembang namun sudah memiliki cukup banyak siswa yang terdiri dari berbagai karakteristik latar belakang pendidikan, pada tahun 2013 ditetapkan kurikulum baru yang memaksa peserta didiknya secara langsung mengalami penjurusan di kelas X, pada penjurusan sebelumnya yang hanya dengan mengandalkan rekomendasi dari hasil psikotes siswa dalam penjurusan, siswa MAN 2 Gresik mengalami penurunan nilai sebesar 35% dari 71 siswa MAN 2 Gresik setelah di juruskan. Maka dari itu penggunaan metode komputasi sangat diperlukan untuk mengelompokkan siswa dalam proses pemilihan jurusan. Algoritma Fuzzy C-Means merupakan satu algoritma yang mudah dan sering digunakan di dalam teknik pengelompokan data kerana membuat suatu perkiraan yang efsien.Pada penelitian ini akan digunakan algoritma Fuzzy C-Means untuk mengelompokkan data siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik berdasarkan Nilai raport mata pelajaran IPA dan IPS, Ijasah, IQ dan Minatnya, Penelitian ini juga menguji tingkat akurasi algoritma Fuzzy C-Means dalam penentuan jurusan dalam penerimaan peserta didik baru di MAN 2 Gresik. Penerapan algoritma Fuzzy C-Means dalam penentuan jurusan di MAN 2 Gresik dari 80 sampel data siswa yang diuji dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Algoritma Fuzzy C-Means memiliki tingkat kecocokan dengan angket peminatan siswa sebesar 71,25% hal ini mempermudah guru BK untuk mengelompokkan anak didiknya sesuai dengan minat, bakat dan kriteria yang dimiliki siswa tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:09
Last Modified: 02 Jul 2019 07:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item