PENGARUH KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

Jilma, Fiki Yatul (2016) PENGARUH KEAKTIFAN PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS KELAS VII SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah penggunaan metode pembelajaran. Dalam pembelajaran hendaknya pendidik memperhatikan keaktifan peserta didik. Keaktifan dapat ditingkatkan dalam keterlibatan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan menggunakan metode Giving Questions and Getting Answers (GQGA). Metode ini digunakan untuk melatih peserta didik agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA dan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran menggunakan metode GQGA serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan peserta didik terhadap hasil belajar matematika melalui metode GQGA kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP YPI Darussalam 1 Cerme yang terdiri dari kelas VIIA-VIIE. Sampel penelitian yaitu kelas VII C yang dipilih secara cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar matematika Hasil analisis data, aktivitas pendidik dalam menerapkan metode GQGA yaitu sangat baik, sedangkan aktivitas peserta didik dalam menerima pembelajaran yaitu cukup. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa 46,7% keaktifan peserta didik mempengaruhi hasil belajar matematika melalui metode GQGA.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: imam rasidi
Date Deposited: 02 Jul 2019 08:22
Last Modified: 02 Jul 2019 08:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item