PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP, DAN KONVERSI PAKAN BENIH IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias sp)

Fitriyah, I’in Rohmatul (2016) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN, KELANGSUNGAN HIDUP, DAN KONVERSI PAKAN BENIH IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias sp). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Ikan Lele Sangkuriang (Clarias sp) adalah jenis ikan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pertumbuhan ikan adalah tujuan utama dari budidaya yang optimal. Pertumbuhan ikan akan lebih baik jika kebutuhan protein dapat terpenuhi dengan baik. Probiotik dapat meningkatkan pertumbuhan, mengurangi angka kematian, dan dalam probiotik mengandung beberapa bakteri yang meningkatkan pertumbuhan, kelangsungan hidup dan konversi pakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh probiotik terhadap pertumbuhan mutlak, kelangsungan hidup, dan konversi pakan ikan lele ikan sangkuriang (Clarias sp). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan perlakuan yang K (0 ml/g probiotik), A (0.5ml/g probiotik), B (1.0ml/g probiotik), dan C (1.5ml/g probiotik). Parameter utama adalah pertumbuhan mutlak, kelangsungan hidup, dan konversi pakan. Kualitas air terdiri dari suhu dan pH diukur sehari-hari di 09:00 pagi dan 04:00 sore. Analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan probiotik dalam pakan dapat meningkatkan nilai tingkat pertumbuhan mutlak tertinggi dan kelangsungan hidup berada di perlakuan B (60.20g) dan (91,11 %), terendah konversi pakan pada perlakuan A (1.84g). Kata kunci : Dosis, Kelangsungan Hidup, Konversi Pakan, Lele Sangkuriang, Pertumbuhan Mutlak, Probiotik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Agrotechnology
Agrotechnology > aquaculture
Divisions: Faculty of Agriculture > Aquaculture Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2018 01:37
Last Modified: 08 Mar 2019 00:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item