PENGARUH TINGKAT DOMINASI OTAK KANAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA SISWA TINGKAT SMP DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK

Zumroh, Azril Afi Ibadatuz (2013) PENGARUH TINGKAT DOMINASI OTAK KANAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI PADA SISWA TINGKAT SMP DI KECAMATAN KEBOMAS GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dominasi otak adalah penguasaan kinerja salah satu dari belahan otak. Geometri adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari hubungan mengenai ruang dan semua struktur yang ada di dalamnya. Ada beberapa cabang dari ilmu matematika yang lebih banyak menggunakan kinerja otak kiri, dan ada beberapa yang lebih banyak menggunakan kinerja otak kanan. Contohnya matematik aljabar lebih dominan kinerja dari otak kiri daripada otak kanan dan geometri lebih banyak menggunakan kinerja dari otak kanan daripada otak kiri. Hal tersebut terjadi karena geometri memerlukan keahlian visual-spasial dimana keahlian tersebut terdapat di otak kanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat dominasi otak kanan terhadap hasil belajar geometri pada siswa tingkat SMP di Kecamatan Kebomas Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh sekolah di Kecamatan Kebomas Gresik. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa di 3 sekolah di Kecamatan Kebomas Gresik dengan jumlah total siswanya adalah 375 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket dan tes. Pengujian dilakukan menggunakan uji regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan regresi . Dari hasil uji F terlihat nilai pada kolom sig. yaitu 0,000, sehingga sig. < α, (α = 0,05), maka ada pengaruh antara tingkat dominasi otak kanan terhadap hasil belajar matematika materi geometri. Koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y = 0,357, artinya 35,7 % variabel X (tingkat dominasi otak kanan) mempengaruhi perubahan variabel Y (hasil belajar matematika materi geometri). Sedangkan sisanya 64,3 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 04 Jul 2019 12:10
Last Modified: 04 Jul 2019 12:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item