PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN PRODUK SEMEN GRESIK DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP) DI PT. VARIA USAHA UNIT BLITAR

Febrianto, Nazarudin Bastomi (2015) PENENTUAN RUTE PENDISTRIBUSIAN PRODUK SEMEN GRESIK DENGAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP) DI PT. VARIA USAHA UNIT BLITAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (86kB)
[img] Text
Skripsi BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Skripsi BAB II.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Skripsi BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Skripsi BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
Skripsi BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Varia Usaha adalah salah satu anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, yang bergerak di bidang distribusi Semen Gresik baik dalam bentuk sak, type OPC dan PPC (in bag) maupun dalam bentuk curah type OPC, PPC, dan SBC (in bulk). PT Varia Usaha merupakan distributor utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dalam proses pendistribusianya, PT Varia Usaha telah mendirikan beberapa unit distributor untuk memasarkan produk semen gresik, secara berkelanjutan dan melakukan penetrasi usaha dalam meraih peluang usaha yang ada. PT Varia Usaha mendirikan salah satu unit penjualan di wilayah jalan Blitar Malang, Desa Kelimunan Kecamatan Welingi Kabupaten Blitar. Unit yang berada di desa kelimunan menjadi gudang pusat distribusi produk semen gresik yang Melayani 60 toko tersebar di wilayah Blitar dan sebagian berada di wilayah Kediri. Sehingga harus ditentukan toko yang harus dikunjungi terlebih dahulu, dengan mempertimbangkan kapasitas daya angkut kendaraan. Untuk mengoptimalkan dalam mendisribusikan produk Semen Gresik, digunakan metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrik) dan metode nearest neighbor. Metode ini dipergunakan untuk mengoptimalkan kapasitas daya angkut kendaraan, mengoptimalkan jarak tempuh kendaraan dan mngoptimalkan biaya transportasi. Dari pengolahan data menggunakan metode Saving Matrik di hasilkan 18 rute baru yang optimal dari yang sebelumnya 20 rute data actual perusahaan, sehingga dapat diketahui bahwa terjadi penghematan di jarak tempuh yang awalnya 2.309 km per siklus, menjadi 1.852 km per siklus dan penghematan biaya transportasi yang awalnya Rp. 5.718.230,000,per siklus, menjadi Rp. 4.917.420,000 per siklus .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:40
Last Modified: 08 Jul 2019 02:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item View Item