Utami, Rini (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN MODEL ASSURE PADA MATERI LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIIIH SMPN 1 MANYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik dalam jenjang pendidikan formal dari tingkat pendidikan Sekolah Dasar hingga tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas. Bahkan di tingkat Perguruan Tinggi juga tidak terlepas dari matematika. Hal ini menunjukkan bahwa matematika memegang peranan penting dalam pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan zaman. Seiring berkembangnya ilmu pendidikan dan teknologi saat ini, pemanfaatan teknologi sangat dimungkinkan pada bidang studi matematika. Teknologi komputer dapat dimanfaatkan untuk pembuatan media pembelajaran matematika karena teknologi komputer dapat memberikan gambaran visual yang lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi matematika yang cukup rumit dan abstrak Agar materi yang diberikan kepada peserta didik menjadi lebih nyata dan lebih mudah dipahami dengan cara yang lebih menarik, peneliti memanfaatkan salah satu software komputer yaitu macromedia flash 8 dalam pembuatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash 8 dengan model ASSURE dan untuk mengetahui hasil dari media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan di kelas VIII-H yang berjumlah 28 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah telaah, validasi, tes, angket dan pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, soal tes, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, angket gaya belajar dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan media yang dikembangkan mengalami dua kali perbaikan saat proses evaluasi formatif, telaah para ahli menyatakan bahwa media yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi , rata-rata total validitas 4 dengan kategori sangat valid, aktivitas peserta didik mempergunakan media macromedia flash 8 memenuhi kriteria aktif, ketuntasan hasil belajar klasikal terpenuhi dan respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan positif. Sehingga media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, valid dan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 02:40 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 02:40 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1766 |
Actions (login required)
View Item |