RAHMANIA, FELIA BELADINI (2013) ADVERSITY PADA PEKERJA ANAK YANG BERSEKOLAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
Pekerja anak yang bersekolah merupakan anak yang berperan ganda. Seorang anak yang harus bersekolah dan bekerja pada usia yang masih membutuhkan orang lain untuk dapat membantu mengembangkan kemampuan fisik maupun psikisnya. Sebagian anak terpaksa memilih putus sekolah di tengah jalan, karena merasa sekolah dan bekerja adalah beban ganda yang sering kali dinilai terlalu berat. Namun, anak-anak yang mempunyai adversity yang tinggi merupakan anak yang akan mampu bertahan untuk bersekolah dan bekerja. Adversity adalah daya tahan seseorang saat menghadapi suatu tantangan, permasalahan, perubahan atau kondisi yang membuat merasa terpuruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adversity pada Pekerja Anak yang Bersekolah. Tipe penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 anak, yaitu usia 14 tahun dan 15 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara terstruktur dan wawancara tak terstruktur, observasi partisipasi pasif dan observasi tak terstruktur dan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan latar belakang pekerja anak yang bersekolah yaitu adanya dorongan dari anak sendiri, hubungan antar anggota keluarga, kebutuhan untuk mengejar biaya sekolah, pendidikan yang tidak menarik bagi anak, proses dan persyaratan dalam rekrutment, sumber informasi mengenai pekerjaan, disuruh orang tua dan melatih mandiri. Dampak menjadi pekerja anak yang bersekolah yaitu dampak fisik berupa kelelahan fisik,dampak emosional berupa tidak bahagia dan rasa malu, dampak kognitif berupa penurunan kemampuan sekolah, dampak sosial berupa pengucilan sosial, dan dampak ekonomi berupa kurangnya waktu mengerjakan PR karena kegiatan ekonomis. Faktor pembentukan adversity pada pekerja anak yang bersekolah yaitu adanya dukungan dari lingkungan, kemampuan memotivasi diri dan spiritual quotient. Adversity dimensi control pada kedua subjek yaitu subjek mampu mengendalikan perisitiwa-peristiwa buruk. Adversity dimensi origin pada kedua subjek yaitu subjek menganggap penyebab peristiwa yang terjadi adalah orang lain atau faktor lain. Adversity dimensi ownership pada kedua subjek yaitu subjek menempatkan tanggung jawab subjek pada tempatnya yang tepat. Adversity dimensi reach pada kedua subjek yaitu subjek membiarkan kesulitan menjangkau wilayah lain kehidupan subjek. Adversity dimensi endurance pada kedua seubjek yaitu subjek memandang kesuksesan akan berlangsung lama, atau bahkan permanen.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Philosophy Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 03:53 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 03:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
View Item |