PERBEDAAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MASYHUDIYAH DENGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KEBOMAS KABUPATEN GRESIK

NI’MAH, NAILUN (2013) PERBEDAAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MASYHUDIYAH DENGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KEBOMAS KABUPATEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
12 ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Secara umum tujuan sekolah adalah untuk menjadikan siswa-siswi yang bermoral dan beretika yang baik. Seseorang yang memiliki banyak pengetahuan tentang nilai-niali moral diharapkan akan menginternalisasikan nilai-nilai moral kedalam dirinya sehingga mendorong untuk berperilaku yang dapat menyumbangkan kesejahteraan orang lain. Staub menyatakan bahwa perilaku prososial, didefinisikan sebagai perilaku yang menguntungkan orang lain atau memiliki konsekuensi sosial yang positif. (Deaux & Wrighstman, 1983 : 222). Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan tingkat perilaku prososial siswa Madrasah Tsanawiyah Masyhudiyah dengan siswa Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Kebomas Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini, perilaku prososial diukur dengan metode pengumpulan data menggunakan angket yang disusun dalam bentuk skala likert dengan pilihan jawaban Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Cukup Sesuai (CS), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat tidak sesuai Angket tersebut dibuat berdasarkan 7 aspek perilaku prososial yaitu sharing (membagi), cooperative (kerjasama), donating (menyumbang), helping (menolong), honesty (kejujuran), generosity (kedermawanan), serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain. (Mussen, 1989). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa, yaitu 60 siswa Madrasah tsanawiyah dan 60 Sekolah Menengah Pertama Negeri. Uji Hipotesis menggunakan teknik statistik independent sample t-test dengan bantuan SPSS 19.0 For Windows. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan besarnya t hitung 3,081 dan nilai t tabel = 1,98. Berarti t hitung >t tabel (3,081 > 1,98), dan diperoleh angka signifikansi 0,003 < 0,05., maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa Madrasah Tsanawiyah Masyhudiyah dengan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kebomas. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa Madrasah Tsanawiyah Masyhudiyah dengan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kebomas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology > Philosophy
Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:53
Last Modified: 08 Jul 2019 03:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item