SUJINAH, DEWI (2006) HUBUNGAN ANTARA SIKAP DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH II GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal terutama peran guru dalam belajar mengajar. Metode yang baik dan suasana kondusif diharapkan dapat disukai siswa yang akan memudahkan memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia sehingga meningkatkan prestasi. Di samping faktor eksternal, faktor internal juga bisa mempengaruhi termasuk faktor psikologis salah satunya adalah sikap siswa dalam mengikuti proses belajar dan mengajar. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa yang dapat memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia serta dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik penggunaan tata bahasa maupun komunikasi mereka cenderung mempunyai sikap yang baik dan memperoleh prestasi yang memuaskan. Sebaliknya siswa yang menganggap mudah dan kurang memahami materi pelajaran Bahasa Indonesia, cenderung mempunyai sikap acuh tak acuh terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga berdampak memperoleh prestasi Bahasa Indonesia yang rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuktikan adanya hubungan antara sikap dengan prestasi belajar bidang studi Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah II Gresik. Jumlah populasi 61 siswa yang terdiri dari dua kelas, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan nilai prestasi Bahasa Indonesia kelas VI yakni nilai UTS pada semester ganjil tahun pelajaran 2005-2006 dan kuesioner yang disusun dalam bentuk skala Likert dengan pilihan jawaban SS (Sangat Setuju), S (Setuju), N (Netral), TS (Tidak Setuju), STS (Sangat Tidak Setuju). Data diolah dengan teknik statistik korelasi Product Moment dari Pearson dengan taraf signifikansi () 5%. Hasil penghitungan menunjukkan nilai r = 0,672 dengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari (0,05) yang berarti signifikan. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara sikap dengan prestasi belajar bidang studi Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah II Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Philosophy Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 07:22 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 08:48 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1801 |
Actions (login required)
View Item |