Usulan Rute Pendistribusian Produk Mie Instan Dengan Metode Vehicle Routing Problem Di PT. Karunia Alam Segar

Sirajuddin, Bagus Sufyan (2016) Usulan Rute Pendistribusian Produk Mie Instan Dengan Metode Vehicle Routing Problem Di PT. Karunia Alam Segar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
daftar pustaka .pdf

Download (11kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Karunia Alam Segar adalah salah satu anak perusahaan PT Wing Foods yang bergerak di bidang pendistribusian produknya dan juga merupakan salah satu distributor utama PT Wing Foods di samping sebagai pendistribusi PT. Karunia Alam Segar juga sebagi pemproses produk-produk PT. Wings Food. PT Karunia Alam Segar mendirikan unit usaha pada tanggal 19 April 2012 di wilayah desa sukomulyo kabupaten Gresik Jawa Timur. Unit yang berada pada kota Gresik menjadi gudang pusat distribusi produk mie instan yang melayani 30 toko terbesar di wilayah Gresik, dengan memiliki 10 armada yang di gunakan untuk memasok permintaan setiap toko tersebut, setiap armada memiliki kapasitas daya angkut sampai 300 kotak dan pendstribusian dilakukan setiap hari. Untuk mengoptimalkan dalam mendistribusikan produk mie instan gresik, digunakan metode vehicle routing problem ( saving matrik ) dan metode nearest neighbor. Metode ini dipergunakan untuk mengoptimalkan kapastitas daya angkut kendaraa, mengoptimalkan jarak tempuh kendaraan dan mengoptimalkan biaya transportasi. Dari pengolahan data menggunakan metode saving matrik di hasilkan 8 rute baru yang optimal dari yang sebelumnya 10 rute data actual perusahaan, sehingga dapat di ketahui bahwa terjadi penghematan di jarak tempuh yang awalnya 455 Km per siklus, menjadi 369.6 Km persiklus dan penghematan biaya transportasi yang awalnya Rp. 1.551.701 ,per siklus, menjadi Rp. 1.215.480, per siklus.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:58
Last Modified: 10 Jul 2019 03:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item