WIJAYA, DEDI TEGUH (2017) USULAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY DAN METODE SERVICE QUALITY PADA BALAI KESEHATAN IBU DAN ANAK POLRES JOMBANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
0.1 Bab I Dedi Skripsi.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
0.2.BAB II Dedi Skripsi.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
0.3 BAB III Dedi Skripsi.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
0.4 BAB IV Dedi Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
|
Text
0.5 BAB V Dedi Skripsi.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
0.6 BAB VI Dedi Skripsi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
0.7 Daftar Pustaka.pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) Polres Jombang berada di jantung kota Jombang yakni terletak di Jln. Wahid Hasyim 117 Jombang, letak Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) Polres Jombang sangat strategis yakni berada di depan kantor DPRD Kab. Jombang. Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA) Polres Jombang merupakan faskes tingkat I. Pelayananpun sangat terbatas sekali, selain melayani pemeriksaan kehamilan, persalinan secara normal, poli gigi, dan umum. Kekurangan dari BKIA Polres Jombang ini adalah tidak ada peralatan yang modern untuk menunjang pemeriksaan pasien, karena peralatan sangat minim. Hal-hal semacam ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pihak layanan kesehatan, karena hal semacam ini akan membawa dampak yang besar bagi kepuasan pasien, maka dilakukan penelitian dengan judul: “Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy dan Metode Service Quality Pada Balai Kesehatan Ibu dan Anak Polres Jombang, dengan cara memberikan penilaian hasil survey kuisioner yang diberikan kepada pasien dengan dengan hasil akhir data dilakukan pengujian dengan menggunakan nilai keanggotaan pada fuzzy digunakan sebagai hasil keputusan nilai dari pelayanan yang harus diperbaiki dan juga menjadi kelebihan dari balai layanan ibu dan anak, sehingga mampu memberikan solusi pelayanan terbaik pada masyarakat. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan fuzzy dan metode service quality, diketahui bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi bukti langsung (tangiable) Gap sebesar 0.051418 pada pertanyaan Area Balai Layanan Ibu Dan Anak selalu bersih dan tertata rapi (mis. Lantai bersih dan barang tertata rapi) , keandalan (reability) Gap sebesar 0.930851 pada pertanyaan Biaya Medis dan obat-obatan yang terjangkau, daya tanggap (responsiveness) Gap sebesar 0.046099 pada pertanyaan Pasien tidak menunggu lama ketika mengantri untuk berobat, jaminan (assurance) Gap sebesar0.035461 pada pertanyaan Kendaraan pasien aman di area parker Balai Layanan Ibu Dan xiv Anak, dan empati (emphaty) Gap sebesar 0.007092 pada pertanyaan Tenaga Medis dan Staff Karyawan melayani dengan Sopan terhadap tingkat kepuasan pasien. Secara keseluruhan, persepsi dan ekspektasi pelanggan berada di nilai 0.77332 dan 0.80095 dengan nilai Gap sebesar 0.02763. Nilai Gap negatif ini memiliki arti bahwa secara keseluruhan Pelayanan di Balai Kesehatan Ibu dan Anak Polres Jombang masih di bawah harapan pasien.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 01:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 01:43 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1874 |
Actions (login required)
View Item |