PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DAYA HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Ripaki, Ahmad Hadi (2018) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG JAHE EMPRIT (Zingiber officinale var. Amarum) PADA PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN DAYA HIDUP IKAN NILA (Oreochromis niloticus). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Budidaya sangat ditentukan oleh dua faktor yaitu penyakit ikan dan pertumbuhan. Dari beberapa hasil penelitian imunostimulan yang di tambahkan dalam pakan dapat meningkatkan respon imun nonspesifik sekaligus meningkatkan pertumbuhan ikan, bahan-bahan imunostimulan tersebut salah satunya jahe emprit (Zingiber officinale var. Amarum). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan tepung jahe emprit terhadap laju pertumbuhan, daya hidup dan rasio konversi pakan ikan nila. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 dengan 3 ulangan yaitu: perlakuan A= 5, B=7,5, C=10 g/kg pakan dan kontrol (tanpa penambahan jahe). Parameter utama yang diamati adalah laju pertumbuhan spesifik, bobot mutlak, daya hidup dan nilai rasio konversi pakan. Parameter penunjang yaitu kualitas air yang terdiri dari suhu pH dan DO. Analisis data menggunakan ANOVA jika bepengaruh dilakukan uji lanjut Tukey (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan terbaik pada penelitian ini ada pada perlakuan dengan dosis 7,5 g/kg pakan , dengan bobot mutlak sebesar 5,40±0,34 g, laju pertumbuhan spesifik sebesar 2,41±0,08%/hari, daya hidup yaitu sebesar 90±0,0%. dan rasio konversi pakan 3,6±0,15 g. Kata kunci: Ikan nila, jahe emprit, Pertumbuhan, Daya hidup, Rasio konversi pakan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Agrotechnology
Agrotechnology > aquaculture
Divisions: Faculty of Agriculture > Aquaculture Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 01:09
Last Modified: 06 Mar 2019 06:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item