IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS )

Najib, Muhammad Ainun (2017) IMPLEMENTASI METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN HETEROGENEOUS FLEET DAN TIME WINDOWS PADA PENDISTRIBUSIAN OXYFUEL (Studi Kasus: PT. GREEN ENERGY NATURAL GAS ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendistribusian barang atau jasa merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan sebuah perusahaan, yang sering mengadakan pengambilan keputusan mengenai rute yang dapat mengoptimalkan biaya, waktu dan sumberdaya lain yang tersedia. Masalah ini dapat diformulasikan secara matematis sebagai sebuah Vehicle Routing Problem (VRP).VRP merupakan salah satu aplikasi dari teori graf dan optimasi kombinatorial yang mencakup penentuan sejumlah rute angkutan yang diawali dan diakhiri disuatu tempat yang dinamakan depot untuk mendistribusikan barang kepada sekumpula pelanggan sesuai permintaannya masing – masing.Rute yang terbentuk harus mengunjungi setiap pelanggan tepat satu kali dan menghabiskan biaya atau jarak tempuh yang seminimal miungkin.Salah satu variasi dari VRP adalah VRP time windows (VRPTW) yang menambahkan kendala batasan selang waktu tertentu dalam melayani pelanggan, dan juga terdapat variasi lebih dari satu jenis kendaraan dalam mendistribusikan satu produk tersebut (heterogeneous fleet).PT. Green Energy Natural Gas adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian gas alam yang sekarang ini melayani 87 pelanggan yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pendistribusian menggunakan dua jenis kendaraan yakni 17 unit long chases dan 15 unit colt diesel. Rute awal yang terbentuk memerlukan biaya total Rp 53.053.100,- dengan total jarak tempuh kurang lebih 30.868 KM setiap hari.Data pendistribusian awal tersebut perlu dilakukan pengoptimalan dalam mendistribusikan dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem (Saving Matrix) dan Nearest Neighboar.Dari pengolahan menggunakan metode tersebut dihasilkan 29 rute baru dengan total biaya pendistribusian Rp 32.616.750,00 dengan total jarak tempuh kurang lebih 16.105KM setiap hari menggunakan kendaraan 17 unit jenis long chases dan 4 unit jenis colt diesel.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 26 Jul 2019 03:14
Last Modified: 26 Jul 2019 03:14
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item