ROSYIHUDDIN, MUHAMMAD (2017) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Pada Puskesmas Sidayu Kabupaten Gresik). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
3. BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menganalisi tentang pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pasien, yang mana penelitian ini berlokasi pada Puskesmas yang berada di Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Puskesmas merupakan unit organisasi fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kotamadya, yang diberi tanggung jawab sebagai pengelola kesehatan bagi masyarakat disetiap wilayah kecamatan kabupaten atau kotamadya bersangkutan, guna mewujudkan kesehatan bagi masyarakat. Data dalam penelitian ini diperoleh dari jawaban responden terhadap kuisioner yang disebarkan oleh peneliti yaitu berjumlah 60 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepusan pasien baik secara parsial maupun simultan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Tangible (bukti Fisik), Reliability (kehandalan), Responsivenes (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian). Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pasien. Hipotesis yang peneliti rumuskan dalam penelitian ini adalah bahwa Tangible (bukti Fisik), Reliability (kehandalan), Responsivenes (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian) berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien. Alat analisis yang digunakan adalah dengan model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F, keduanya pada angka probabilitas significant dibawah 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel bebas yakni Tangible (bukti Fisik), Reliability (kehandalan), Responsivenes (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian) secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien, dengan angka probabilitas significant dibawah 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diharapkan Puskesmas Sidayu dapat meningkakan kualitas layanan yang meliputi Tangible (bukti Fisik), Reliability (kehandalan), Responsivenes (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian). Karena hal tersebut akan mendorong pasien untuk menjalin hubungan yang kuat antara pasien dengan Puskesmas Sidayu, yang pada akhirnya akan menciptakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan Puskesmas Sidayu Kabupaten Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 06:53 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 06:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |