KRISNAWATI, NIA (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN KELAS III SD NEGERI 2 SIDOMORO GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB 1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Download (102kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Masalah utama pada penelitian ini adalah perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran pada peserta didik kelas III dengan menerapkan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum di Sekolah Dasar. Model yang akan diterapkan dalam perkembangan anak adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Berdasarkan observasi di kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik bahwa dalam proses pembelajaran matematika di kelas masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan. Langkah-langkahmodel pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)yaitu guru menyiapkan kelompok, menyajikan permasalahan, dan mendiskusikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)pada materi operasi hitung bilangan di SDN 2 Sidomoro Gresik. Berdasarkan observasi pra siklus hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, ditandai dengan masih rendahnya prosentase aktivitas dan ketuntasan peserta didik perlu ditingkatkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi operasi hitung bilangan kelas III SD Negeri 2 Sidomoro Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik tahun ajaran 2015-2016 yang terdiri dari 23 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik Hasil penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) menunjukkan bahwa proses pembelajaran kelas III SDN 2 Sidomoro Gresik yaitu aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan, pada tes hasil belajar mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I yang dapat menguasai materi pelajaran lebih dari 86,95%. Pencapaian hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)di kelas dalam standar kompetensi “Melakukan Penjumlahan dan Pengurangan Tiga Angka” pada peserta didik Kelas III Semester I di SDN 2 Sidomoro Gresikdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2443 |
Actions (login required)
View Item |