NOFITASARI, FAJAR (2015) PENERAPAN ALAT PERAGA BINTANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DI KELAS II SDN SUKOREJO SIDAYU GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Download (369kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Pemecahan masalah adalah aplikasi dari konsep dan keterampilan dalam ilmu matematika. Dalam pemecahan masalah biasanya melibatkan beberapa kombinasi konsep dan keterampilan untuk mencari sebuah “jembatan” yang dapat menghubungkan keabstrakan matematika. Jembatan itu adalah alat peraga yang dapat membantu dalam proses pembelajaran matematika. Persoalan mencari jembatan merupakan sebuah tantangan dalam dunia pendidikan matematika. Tantangan untuk mencari, memilih alat peraga yang tepat, mudah dipahami, dapat membangkitkan semangat dan menantang peserta didik untuk terlibat dan pada akhirnya dapat membantu menanamkan konsep serta menjadikan peserta didik cerdas matematika. Dari hal tersebut dilakukan penelitian tentang penerapan alat peraga bintang pada pembelajaran matematika materi pembagian di kelas II SDN Sukorejo Sidayu Gresik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan alat peraga bintang, mendeskripsikan aktifitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bintang, mendeskripsikan tes hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bintang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas II SDN Sukorejo Sidayu Gresik tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 12 siswa. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar aktifitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi pembagian dengan menerapkan alat peraga bintang dapat dikatakan sangat baik karena rata-rata seluruh pertemuan adalah 89,77; (2) hasil pengamatan peserta didik yang aktif adalah 55% maka aktifitas peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga bintang dapat dikatakan baik; (3) ketuntasan belajar klasikal tercapai karena lebih dari 85% yaitu 91,67%.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:18 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:18 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2445 |
Actions (login required)
View Item |