EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKAMENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONDENGAN PROGRAM SPSS PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK

TRIPUASARINA, DIAN (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKAMENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONDENGAN PROGRAM SPSS PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik, sehingga dibutuhkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih menarik. Untuk mengubah anggapan peserta didik, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih menarik salah satunya yaitu Student Team Achievement Division (STAD) dengan tujuan agar peserta didik lebih termotivasi dan dapat bersosialisasi satu sama lain. Materi yang diambil dalam penelitian ini yaitu Statistika. Selain itu, dengan berkembangnya tekonologi guru juga dapat memanfaatkan program komputer seperti SPSS sebagai media pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik dan memudahkan untuk memahami dan menyelesaikan masalah Statistika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model STAD dengan program SPSS pada materi Statistika kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari analisis data ini, diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik mencapai kriteria sangat baik dan untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas. Karena ketiga indikator memenuhi, maka pembelajaran matematika menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan program SPSS pada materi Statistika kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:19
Last Modified: 02 Aug 2019 10:19
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2449

Actions (login required)

View Item View Item