TRIPUASARINA, DIAN (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKAMENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONDENGAN PROGRAM SPSS PADA MATERI STATISTIKA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi peserta didik, sehingga dibutuhkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih menarik. Untuk mengubah anggapan peserta didik, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih menarik salah satunya yaitu Student Team Achievement Division (STAD) dengan tujuan agar peserta didik lebih termotivasi dan dapat bersosialisasi satu sama lain. Materi yang diambil dalam penelitian ini yaitu Statistika. Selain itu, dengan berkembangnya tekonologi guru juga dapat memanfaatkan program komputer seperti SPSS sebagai media pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik dan memudahkan untuk memahami dan menyelesaikan masalah Statistika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model STAD dengan program SPSS pada materi Statistika kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian peserta didik kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 1 Gresik tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan soal tes hasil belajar peserta didik. Hasil dari analisis data ini, diperoleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mencapai kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik mencapai kriteria sangat baik dan untuk ketuntasan hasil belajar peserta didik dikatakan tuntas. Karena ketiga indikator memenuhi, maka pembelajaran matematika menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dengan program SPSS pada materi Statistika kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Gresik dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 10:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 10:19 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2449 |
Actions (login required)
View Item |