PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP

WIJAYANTI, AYU NUR (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
8 ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam proses pembelajaran, sumber belajar tidak harus berupa teks dari buku saja tetapi salah satunya dapat berupa cara visualisasi. Visualisasi adalah suatu cara yang yang dapat dilakukan untuk mengkongkritkan sesuatu yang abstrak. Sekarang visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak yang dapat ditambah dengan suara. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya yaitu media pembelajaran edutainment. Media pembelajaran edutainment adalah media yang menggabungkan unsur hiburan dengan pendidikan. Harapannya media pembelajaran edutainment akan lebih disukai peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran edutainment pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dikembangkan oleh Sharon Smaldino, Robert Henich, James Russel, dan Michael Molenda yaitu model ASSURE. Uji coba terbatas dilakukan pada 24 peserta didik kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan pengamatan. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket gaya belajar, lembar angket respon peserta didik, lembar angket kepraktisan media pembelajaran edutainment, lembar angket validitas media pembelajaran edutainment, soal tes, dan lembar pengamatan aktivitas peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media mengalami revisi atau perbaikan berdasarkan saran dari para ahli. Validitas media pembelajaran edutainment termasuk sangat valid. Menurut penilaian para ahli media pembelajaran edutainment termasuk praktis. Keefektifan media dilihat dari rata-rata persentase seluruh pertemuan pada kriteria aktif, persentase respon peserta didik termasuk kriteria baik, dan ketuntasan klasikal peserta didik terpenuhi. Sehingga media yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 02 Aug 2019 10:20
Last Modified: 02 Aug 2019 10:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2452

Actions (login required)

View Item View Item