EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATE MATIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK KOMIK PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII A SMP SEMEN GRESIK

ZAZILAH, NURUL (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATE MATIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBENTUK KOMIK PADA MATERI POKOK ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII A SMP SEMEN GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
1) Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3) BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4) BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5) BAB III.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
6) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
7) BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9) Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu masalah dalam pengimplementasian kurikulum adalah rendahnya minat belajar peserta didik. Minat belajar ini sangat dibutuhkan peserta didik pada keseluruhan preoses pembelajaran. Untuk itu guru perlu mengelola pembelajaran dan mengembangkan bentuk-bentuk sumber belajar sehingga pembelajaran bisa efektif. Salah satu sumber belajar yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan “One Shot Case Study”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Semen Gresik yang berjumlah 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumen penelitian lembar pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik dan soal tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan skor 94,87, aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dikatakan aktif dengan persentase 71,335% dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal tidak tercapai dengan persentase 25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbentuk komik pada materi pokok aritmatika sosial kelas VII-A SMP Semen Gresikdinyatakan tidak efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 03 Aug 2019 01:02
Last Modified: 03 Aug 2019 01:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2457

Actions (login required)

View Item View Item