PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII-A SMP ISLAMIC QON GRESIK

HASIBUAN, RIA HERLIN JUWITA (2015) PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII-A SMP ISLAMIC QON GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika sebagai cabang ilmu yang banyak digunakan dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Soal cerita merupakan hal yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang penyelesaiaannya dapat menggunakan ilmu matenatika. Penggunaan strategi PQ4R dapat membuat peserta didik lebih aktif, lebih mudah mengingat, lebih memahami informasi yang didapatnya sehingga dapat menyelesaikan soal terkait dengan materi PLSV. Hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini meliputi kemampuan guru dalam menerapkan strategi PQ4R, kemampuan peserta didik dalam membuat pertanyaan (Question), dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian “One Shot Case Sudy”. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A SMP Islamic Qon Gresik yang berjumlah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan yang kemudian dianalisis peneliti. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan strategi PQ4R mendapatkan nilai rata-rata 82,8 dan tergolong baik. Kemampuan peserta didik dalam membuat pertanyaan dapat dikatakan baik dengan prosentase 40,5%. Hasil tes belajar siswa setelah strategi ini diterapkan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal tercapai yaitu 85,7%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:53
Last Modified: 05 Aug 2019 02:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item