KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME

KOTIMAH, KUSNUL (2016) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Komunikasi matematis diperlukan dalam pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan komunikasi matematis, peserta didik dapat menjelaskan bentuk simbol-simbol atau istilah-istilah matematika menjadi bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti, serta dapat mengubah ide atau informasi yang diperoleh menjadi sebuah simbol, grafik, gambar ataupun diagram. Komunikasi matematis biasanya diwujudkan dalam soal cerita. Dalam menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik terlebih dahulu dituntut untuk dapat memahami isi soal tersebut, kemudian merubah kalimat dalam soal tersebut menjadi bentuk simbol, gambar, grafik, tabel, model matematika atupun yang lainnya sehingga mereka lebih mudah untuk menyelesaikan soal cerita tersebut. Untuk itu kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VII SMP Negeri 2 Cerme. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 2 Cerme tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Soal tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan kepada peserta didik terlebih dahulu dilakukan uji validitas isi yang dilakukan oleh ahli. Hasil dalam penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis tertulis yang dimiliki peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 2 Cerme dalam menyelesaikan soal cerita matematika sebesar 61,54% dan dapat dikriteriakan baik . Dari hasil wawancara disimpulkan bahwa peserta didik dengan kriteria penilaian komunikasi matematis tertulis yang sangat baik mampu dalam kelima indikator kemampuan komunikasi matematis yang ditentukan, peserta didik dengan kriteria penilaian baik mampu dalam empat indikator, peserta didik dengan kriteria penilaian cukup baik mampu dalam tiga indikator daan peserta didik dengan kriteria penilaian kurang mampu dalam satu indiaktor.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:09
Last Modified: 05 Aug 2019 09:09
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item