PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI GRESIK

SANTOSO, JOKO INDRO (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (166kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang kurang diminati dan dianggap sulit oleh peserta didik. Hal ini terjadi karena peserta didik menganggap matematika adalah suatu bidang studi yang menekankan pada perhitungan bilangan-bilangan dan rumus yang sulit. Selain itu karena kebanyakan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional, tidak pernah menggunakan pembelajaran yang berawal dari hal kontekstual, sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang berawal dari hal kontekstual untuk merubah hal tersebut. Salah satu pembelajaran yang berawal dari hal kontekstual adalah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one shot case study,karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemodelan dan hasil belajar peserta didik dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi persamaan linier satu variabel kelas VII MTs Negeri Gresik, yang hasilnya disajikan berupa angka-angka. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII-F MTs Negeri Gresik tahun pelajaran 2017-2018, yang dipilih berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika MTs Negeri Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)pemodelan yang dibuat peserta didik dalam pembelajaran PMRI rata-rata padalevel situasional 0%, level referensial 25%, level general 24%, dan level formal 26%. (2)Hasil belajar peserta didik yang diperoleh setelah pembelajaran adalah tuntas secara klasikal dengan persentase ketuntasan sebesar 84,375 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:01
Last Modified: 07 Aug 2019 02:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item