IRAWATI, IRAWATI (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE (PERTANYAAN YANG DIPUNYAI PESERTA DIDIK) KELAS VIII MTs. NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
BAB I.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Selama kegiatan belajar mengajar, pendidik dan peserta didik menjadi dua komponen yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Hubungan ini terjadi manakala adanya interaksi dan komunikasi timbal balik. Namun, bukan hal yang mudah antara pendidik dan peserta didik untuk berinteraksi dan berkomunikasi termasuk pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika, kebanyakan peserta didik tidak berani atau ragu untuk bertanya mengenai kesulitan mereka dalam memahami materi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diterapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam menyampaikan permasalahan mereka. Salah satunya adalah pembelajaran matematika menggunakan strategi questions students have. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam membuat dan menjawab pertanyaan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi questions students have. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-C MTs. Nurul Islam PonganganManyar Gresik yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Instrument penelitian terdiri dari lembar kerja peserta didik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan soal tes hasil belajar. Hasil tes analisis data menunjukkan kemampuan peserta didik membuat dan menjawab pertanyaan dalam pembelajaran matematika menggunakan strategi questions students have termasuk dalam kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, dan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2568 |
Actions (login required)
View Item |