PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BALONGPANGGANG GRESIK

SETYOWATI, NANIK (2016) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BALONGPANGGANG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu substansi yang berperan penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Tugas pendidik tidak hanya menuangkan sejumlah informasi kepada siswa, tetapi membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis, kritis, dan kreatif serta bekerja sama. Berdasarkan pentingnya siswa dalam berpikir kritis, maka berpikir kritis hendaknya menjadi salah satu aktivitas yang harus dikembangkan dan diajarkan di setiap mata pelajaran. Berpikir kritis merupakan kegiatan menganalisis ide atau gagasan ke arah yang lebih spesifik, membedakan secara tajam, memilih, mengidentifikasi, mengkaji dan mengembangkannya ke arah yang lebih sempurna. Kemampuan berpikir kritis akan muncul dalam diri peserta didik apabila selama proses belajar di dalam kelas, guru membangun pola interaksi dan komunikasi yang lebih menekankan pada proses pembentukan pengetahuan secara aktif oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Balongpanggang Gresik tahun pelajaran 2015 – 2016 yang berjumlah 260 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A yang terpilih berjumlah 32 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Dari hasil uji homogenitas diperoleh bahwa kelas sampel penelitian berasal dari populasi homogen. Hasil analisis data menghasilkan persamaan regresi Y=35,264+0,486 X. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,319% artinya sekitar 31,9% kemampuan berpikir kritis mempengaruhi hasil belajar matematika maka ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII A SMPN 1 Balongpanggang Gresik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:48
Last Modified: 07 Aug 2019 03:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2580

Actions (login required)

View Item View Item