IMPLEMENTASI KEGIATAN KULTUM (KULIAH TUJUH MENIT) PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME

Idillah, Rifqi (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN KULTUM (KULIAH TUJUH MENIT) PADA SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 7 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan pengujian Implementasi kegiatan kultum pada siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah a) Bagaimana Implementasi kegiatan kultum pada siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme? b)Bagaimana Hambatan dan Solusi apa saja dalam Implementasi kegiatan kultum pada siswa di SMP Muhammadiyah 7 Cerme? Tujuan Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan tringulasi sumber dan teknik.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan kegiatan kultum di sekolah dilaksanakan dengan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur. (2) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan kultum ini adalah kurangnya disiplin bagi sebagian siswa yang tidak menerapkan pembiasan tersebut di rumah, Dari faktor penghambatan tersebut dapat dirumuskan beberapa saran yang ditujukan pada pihak sekolah maupun orang tua. Diantaranya pihak sekolah harusnya selalu memberi semangat dalam kegiatan kultum pada siswa yang ditunjukkan dengan tidak ada hentinya memantau perkembangan siswa. Begitupula dengan orang tua, hendaknya selalu memantau pelaksanaan kegiatan anak-anaknya yang berbasis pembiasaan. Agar apa yang telah dipelajari oleh anak-anaknya bisa dibiasakan setiap hari dan kemudian menjadi manusia muslim yang tangguh dan memiliki mental kuat, serta memiliki kemandirian, berakhlak mulia sebagai pribadi dan anggota masyarakat bisa dibuat bekal sesuai dengan harapan sekolah dan keluarga.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:35
Last Modified: 23 Aug 2019 02:35
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item