Febriantih, Winda Sary (2015) IMPLEMENTASI METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH 07 PANTENAN PANCENG GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Inquiry dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada peserta didik, sehingga peserta didik mampu bertanggung jawab dan percaya diri. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu terdiri dari 2 data yaitu data primer berupa guru Akidah Akhlak dan siswa-siswi kelas VIII sedangkan data sekundernya berupa Kepala Sekolah dan data lainnya yang mendukung penelitian ini. Teknik pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa deskriptif-kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode inquiry dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang ada di MTs Muhammadiyah 07 Pantenan mampu menanamkan aspek kemandirian dalam metode Inquiry yaitu siswa lebih bertanggung jawab, lebih percaya diri, dapat berinteraksi dengan kepada sesame teman maupun guru. Dalam metode ini guru terlebih dahulu membuat langkahlangkah pembelajaran yang sesuai dengan penggunaan metode inquiry. Adapun kendala yang dihadapi guru yaitu: a) Terbatasnya sarana dan prasana (AlQur’an dan buku) sehingga siswa kesulitan di dalam mengikuti metode inquiry yang diterapkan, (b) Sikap individualis siswa, (c) Kapasitas siswa dalam kelas yang tidak sama dapat menghambat penerapan metode inquiry menjadi kurang maksimal, (d) Waktu yang terbatas untuk pambelajaran Aqidah Akhlak sehingga secara otomatis penerapan metode ini dalam pelajaran agama menjadi kurang efektif. Adapun upaya guru untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (a) Menekankan pada siswa untuk selalu membawa Al-Qur’an pada saat pembelajaran Aqidah Akhlak berlangsung dan memperbanyak sumber belajar dalam perpustakaan, (b) Guru yang menentukan pembagian kelompok dan memberi poin terhadap kelompok yang aktif dan kompak, (c) Guru membagi kelompok dengan seimbang antara yang cepat dalam belajar dengan yang lambat dalam belajar sehingga yang cepat dalam belajar mampu memotivasi siswa tersebut, (d) Memberi tugas siswa soal-soal yang jawabannya terdapat pada referensi lain, dan lebih mengalokasikan waktu dengan baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Islamic Religion Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 11:37 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
View Item |