ARDIANTO, BAYU (2016) ANALISIS KESIAPAN KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
BAB I.pdf Download (202kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
Abstract
Peran guru dalam aktivitas pembelajaran tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga memainkan berbagai peran yang bertujuan mengembangkan potensi anak didik secara optimal. Guru tidak hanya mengajar, tetapi bagaimana caranya anak itu bisa memahami dan menerapkan ilmu yang diajarkan. Kompetensi guru merupakan kemampuan guru untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilannya dalam melaksanakan kewajiban pembelajaran secara profesional dan bertanggungjawab. Ketidaksiapan guru menjadi masalah bagi penerapan kurikulum 2013, dan tentu saja ini bertentangan dengan peran yang seharusnya diemban guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar peran guru dalam pembelajaran. Secara administratif, pemerintah pusat telah menyiapkan perangkat pelaksanaan pembelajaran yang tidak perlu lagi disiapkan oleh guru. Tipe penelitian ini adalah kualitatif studi kasus intrinsik. Subyek penelitian sebanyak 3 orang, 1 laki-laki, 2 wanita berprofesi sebagai guru dan mengajar menggunakan Kurikulum 2013, yaitu usia 23, 27 tahun dan 33 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bersifat umum dan observasi langsung. Berdasarkan hasil analisis membuktikan bahwa sebagian besar guru belum memahami secara keseluruhan mengenai pemahaman kurikulum 2013 sehingga kurangnya pengalaman dalam menerapkan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | maysatin may aliah |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 04:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 04:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
View Item |