IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN

Faizah, Masyrifatul (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KARANGASEM MUHAMMADIYAH PACIRAN LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (994kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan serta faktor problematika dan solusi dari pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di pondok tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti analisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan telah melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an sebagai bentuk program khusus yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan peneliti memperoleh temuan-temuan antara lain manfaat yang dirasakan oleh santri, guru, maupun orang tua, penetapan alokasi waktu, metode menghafal yang digunakan pembimbing dalam pembelajaran cukup beragam, serta pembagian sertifikat bagi siswa yang telah menyelesaikan hafalannya. Adapun selama pelaksanaan program tahfidz berlangsung, ada beberapa permasalahan yang dihadapi masing-masing peserta diantaranya sering lupa terhadap ayat yang pernah dihafal, susah adaptasi dengan ayat-ayatnya, minat yang kuat dalam menghafal, dan lain-lain. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, pondok sendiri memberikan suatu kegiatan berupa tahsin Al-Qur’an pada setiap lembaga yaitu di MA, SMA, SMK, SMP, dan MTs. Di setiap lembaga diberikan jam pelajaran tahfidz sebanyak delapan jam perharinya. Dalam kegiatan tahsin Al-Qur’an ini diharapkan setiap santri bisa muroja’ah ayat-ayat yang pernah dihafalkan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 17 Oct 2018 00:30
Last Modified: 06 Mar 2019 06:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item