APRIYANTI, EVA (2019) PEMBIASAAN MEMBACA Al-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Gresik Al-Qur’an merupakan kitab suci yang dijadikan sebagai pegangan hidup umat islam sedunia yang diturunkan kepada rosulluwoh SAW untuk umat manusia. Membaca Al-Qur’an sekalipun kita belum memahami maknanya bukanlah perbuatan yang sia-sia karena mengulang membaca Al-Qur’an itu mempunyai manfaat yang luar biasa kesehatan fisik. Pembiasaan membaca Al-Qur’an berulang-ulang bukan sekedar meningkatkan kerja otak tetapi dapat menentramkan hati dan jiwa sehingga membuat tenang. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. mengunakan metode penelitian sebagai berikut: 1) jenis pola penelitian kualitatif, 2) sumber data : narasumber, kepada guru, ustadzah, pengasuh pondok dan santri, OPPI, pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, 4) teknis analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan berdasarkan data yang di peroleh tersebut peneliti menganalisis mengunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau mengambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pembiasaan membaca Al-Qur’an di pondok Al-Ishlah sendangagung paciran lamongan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui proses pembiasaan membaca Al-Qur’an dan untuk mendukung pembiasaan agar mencapai hasil yang lebih efektif maka digunakan beberapa metode atau cara dalam membaca Al-Qur’an yaitu: metode penugasan, metode teman sejawat, metode khusus atau private, metode klasikal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah Bahwa terdapat peran penting pengurus dan pembimbing dalam kegiatan proses pembiasaan membaca Al-Qur’an di pondok Al-Ishlah sendangagung paciran lamongan, dan pengurus dan pembimbing dituntut untuk berkerjasama dalam pembelajaran dan pembiasaan membaca Al-Qur’an. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya culture atau budaya membaca Al-Qur’an yang melekat di dalam pondok Al-Ishlah sendangagung sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang motivasi,diri Masih banyak santri yang tidak lancar atau belum bisa mengaji, minimnya tenaga pengajar yang benar-benar ahli tahsin (membaca Al-Qur’an).
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Islamic Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib. |
Date Deposited: | 21 Sep 2019 00:17 |
Last Modified: | 21 Sep 2019 00:17 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3040 |
Actions (login required)
View Item |