SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN PERBAIKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDI KASUS : DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN GRESIK)

PUSPITASARI, ANGGRAINI TIKA (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN PERBAIKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE SAW (STUDI KASUS : DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN GRESIK). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
12-INTISARI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik adalah salah satu unsur Perangkat Kerja Daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Gresik Nomor 48 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah yang mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pekerjaan umum dan tata ruang. Salah satu proses yang dijalankan dalam kegiatan penanganan masalah jalan adalah penentuan prioritas penanganan rencana perbaikan jalan. Sementara itu proses yang ada saat ini masih sangat kurang efektif dan efisien karena semuanya masih dilakukan secara manual sehingga proses tersebut akan memakan waktu yang lama. Untuk meningkatkan efektifitas serta efisiensi dari proses penyusunan prioritas tersebut dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan penentuan prioritas perbaikan jalan. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini adalah metode penentuan terbobot, dimana proses pembobotan diberikan kepada masing-masing kriteria serta subkriteria hingga didapat sebuah rangking pembobotan. Alternatif yang memiliki nilai bobot tertinggi adalah alternatif pilihan yang memiliki nilai prioritas tertinggi. Data yang digunakan diambil dari data Data Dasar Prasarana Provinsi, Kabupaten/Kota Tahun 2016. Dalam pengujian hasil sistem dengan metode SAW terbukti aplikasi yang dibangun ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari program ini adalah merekomendasikan ruas jalan Bunder – Tenger dengan nilai tertinggi 0,89.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 18 Oct 2018 00:36
Last Modified: 08 Mar 2019 06:12
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item