PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP MIFTAHURROHMAN PUNDUTTRATE

SARI, ITA PUSPITA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP MIFTAHURROHMAN PUNDUTTRATE. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK ITA PUSPITA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

mendeskripsikan pelaksanaan dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran matematika menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Miftahurrohman Pundut Trate. Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Miftahurrohman Punduttrate, yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran yang berlangsung peserta didik hanya pasif menerima pengetahuan dan kurang antusias dalam mempelajari materi-materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, digunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) untuk mengajak peserta didik berpikir sendiri dalam menemukan konsep rumus yang dipelajari. Dalam strategi pembelajaran ini, materi pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada peserta didik, akan tetapi peserta didik dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai, sehingga diharapkan peserta didik akan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Miftahurrohman Pundut Terate tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 29 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah lembar observasi kemampuan guru dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan stretegi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Miftahurrohaman Pundut Trate dikatakan baik. Aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan stretegi pembelajaran peningkatan kemamuan berpikir (SPPKB) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Miftahurrohaman Pundut Trate dikatakan cukup baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Aritmatika Sosial
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:01
Last Modified: 10 Oct 2019 03:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item