LAILI, ROCHIMATUL (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
09 ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (806kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan memecahkan masalah matematika dapat diperoleh dengan baik oleh peserta didik, jika mereka memiliki salah satu kemampuan afektif yaitu self-efficacy. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika, seharusnya pendidik melatih literasi matematika peserta didik melalui pembiasaan pemberian soal literasi matematika, seperti soal PISA. Soal tersebut perlu diberikan kepada peserta didik guna menilai kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di sekolah dengan dihadapkan dalam beberapa masalah di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA ditinjau dari self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-G SMPN 2 Gresik sebanyak 32 peserta didik tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket dan metode tes. Metode angket digunakan untuk mengetahui kategori self-efficacy yang diperoleh peserta didik. Sedangkan metode tes digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Berdasarkan hasil tes analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa di kelas VIII-G SMPN 2 Gresik terdapat 28% subjek mempunyai self-efficacy sangat tinggi, 31% dengan kategori tinggi, 38% dengan kategori sedang, dan 3% dengan kategori rendah. Persentase subjek kelas VIII-G dalam menyelesaikan soal PISA berdasarkan levelnya ada 22,6% pada level 1, level 2 ada 22,6%, level 3 ada 21,7%, level 4 ada 15,6%, level 5 ada 7,5% dan level 6 ada 10,1%. Sehingga diperoleh bahwa untuk subjek self-efficacy kategori sangat tinggi berkemampuan menyelesaikan soal PISA sangat baik, mampu menyelesaikan level 1, 2, 3 dan 5. Sementara subjek yang berkemampuan menyelesaikan soal PISA baik, mampu menyelesaikan level 1, 2, dan 3. Serta subjek yang berkemampuan cukup hanya mampu menyelesaikan PISA level 1 dan 2. Untuk subjek self-efficacy kategori tinggi berkemampuan menyelesaikan soal PISA baik, mampu menyelesaikan level 1, 2, dan 3. Sedangkan subjek yang berkemampuan cukup, mampu menyelesaikan level 1 saja. Selain itu untuk subjek self-efficacy kategori sedang berkemampuan menyelesaikan soal PISA baik, mampu menyelesaikan level 1 dan 3. Subjek berkemampuan cukup, mampu menyelesaikan level 2. Sedangkan untuk subjek yang memiliki self-efficacy kategori sedang berkemampuan kurang dan kategori rendah berkemampuan sangat kurang belum mampu menyelesaikan soal PISA.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penyelesaian Masalah, PISA, Self-Efficacy |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 09:10 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 09:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3269 |
Actions (login required)
View Item |