KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK SMP

SETIAWAN, FEBI SAURI (2019) KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I FIX Bismillah.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II FIX Bismillah.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB III FIX Bismillah.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV FIXX Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V FIX Bismillah.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Fix Bismillah.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi matematis yang ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Nahdlatul Ulama 2 Gresik pada kelas VIII-A sebanyak 20 peserta didik tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Metode angket digunakan untuk mengetahui tipe gaya berpikir peserta didik, dengan cara mengisikan angket yang diberikan pada setiap peserta didik untuk diisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya agar memperoleh data masing-masing tipe gaya berpikir peserta didik yaitu Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Abstrak (AA), dan Acak Konkret (AK). Metode tes digunakan untuk mengklasifikasikan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan penalaran analogi matematis (tinggi, sedang, dan rendah) dalam memecahkan masalah matematika dan memperoleh data bagaimana kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah matematika. Sedangkan, wawancara digunakan sebagai informasi tambahan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya berpikir. Dari hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kategori gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan kelompok kemampuan penalaran analogi matematis tinggi telah memenuhi empat indikator kemampuan penalaran analogi matematis yaitu encoding, infering, mapping, applying. Peserta didik dengan kategori gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) dan kelompok kemampuan penalaran analogi matematis sedang telah memenuhi empat indikator kemampuan penalaran analogi matematis yaitu encoding, infering, mapping, applying. Peserta didik dengan kategori gaya berpikir Acak Abstrak (AA) dan kelompok kemampuan penalaran analogi matematis sedang hanya memenuhi dua indikator kemampuan penalaran analogi matematis yaitu encoding dan infering. Peserta didik dengan kategori gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) dan kelompok kemampuan penalaran analogi matematis rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan penalaran analogi matematis yaitu encoding.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran analogi matematis, gaya berpikir
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 08 Nov 2019 11:48
Last Modified: 08 Nov 2019 11:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3344

Actions (login required)

View Item View Item