PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 08 CERME

MUDHORI, BAHAUDIN (2019) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 08 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah yang menjadi judul penilitian kali ini yaitu kurangnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran fiqih berlangsung. Diperlukan pemilihan penggunaan metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu faktor berhasilnya guru dalam melakukan proses pembelajaran, pemilihan penggunaan metode yang tepat juga akan bisa membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan membuat siswa bisa secara aktif terlibat dalam pembelajaran di Kelas. Pada mata pelajaran fiqih dalam setiap Sub babnya selalu ada pembelajaran yang bersifat amaliah, artinya anak-anak diwajibkan untuk bisa mempraktekkan sesuatu dengan benar, salah satunya yaitu mempraktekkan sholat. Dengan dilakukannya metode pembelajaran demonstrasi saat materi sholat, diharapkan agar siswa bisa ikut terlibat aktif dalam pembelajaran dikelas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran fiqih ? 2) Apa saja hambatan dan pendukung dalam metode demonstrasi ?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang nantinya akan menyajikan informasi berupa deskripsi mengenai hasil akhir dari penelitian.. Pengambilan data tersebut dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokomentasi yang bersumber dari guru dan juga siswa SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode demonstrasi siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, adapun langkah-langkahnya penerapannya yang pertama adalah Menyusun bahan belajar untuk didemonstrasikan yang kedua yaitu mendiskusikan bahan materi belajar dengan mebuat kelompok kecil yang ke tiga melibatkan siswa untuk melihat, mendengar dan mengawasi praktek yang dilakukan seorang guru untuk ditirukan oleh siswa, dan yang terakhir adalah memberikan rangsangan dan motivasi kepada siswa, memberikan rasa untuk percaya diri dan dorongan semangat. Adapun faktor yang mendorong untuk berhasilnya metode demonstrasi adalah yang pertama siswa yang aktif memperhatikan, kedua adalah materi pembelajaran yang bersifat praktik dan yang ketiga adalah kurikulum K13. Adapun faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi adalah siswa yang kurang memperhatikan, dan juga perlunya persiapan yang matang baik dari segi peralatan dan tempat serta persiapan seorang guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode demonstrasi, keaktifan, pembelajaran fiqih
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:01
Last Modified: 18 Nov 2019 04:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item